Bus Bertenaga Hidrogen mulai Beredar di Tokyo dan Seoul

0
379

Kini pabrik bus di berbagai negara di dunia, berlomba-lomba mengembangkan bus bertenaga hidrogen sebagai kendaraan umum masa depan. AS, Kanada, Jepang, Jerman, Inggris, dan Brasil termasuk di antara banyak negara yang aktif terlibat dalam penggunaan dan komersialisasi kendaraan seperti ini.

Bukan hanya ramah lingkungan, angkutan umum bus berbahan bakal hidrogen ini, juga bersahabat untuk bagi penumpang orang-orang tua dan anak-anak, ketika akan masuk dan keluar bus. Penggunaan hidrogen bakal menjadi sumber kuat energi untuk masa depan.

Di Tokyo, Jepang, Bus ini sudah mulai beroperasi pada bulan Maret 2017 kemarin. Toyota Motor Jepang, mulai menyerahkan unit pertama bus berbahan bakar hidrogen (Fuel Cell Bus/FC Bus) yang dijual di bawah nama Toyota, kepada Biro Transportasi Pemerintah Metropolitan Tokyo. Toyota berencana memperkenalkan lebih dari 100 bus FC terutama di wilayah Tokyo, menjelang ajang Tokyo 2020 Olympic and Paralympic Games. Peningkatan penggunaan bus FC di daerah perkotaan, diharapkan bisa membantu memberikan pemahaman masyarakat umum, mengenai penggunaan mobil hidrogen sebagai bentuk transportasi umum.

BACA JUGA :

Kantong Plastik dari Singkong yang Menyelamatkan Lingkungan

Belanja di Cleanomic untuk Kurangi Sampah Plastik

Sedangkan di Seoul, Korea Selatan, akan mengoperasikan bus bertenaga hidrogen ramah lingkungan pertama di bulan Agustus 2018. Mereka akan melakukan uji coba pada bus yang disumbangkan oleh Hyundai Motor, pada rute yang menghubungkan Yeomgok-dong di distrik Seocho dengan Sungnyemun di Seoul.

Kendaraan hidrogen dioperasikan oleh energi listrik yang dihasilkan dari kombinasi antara hidrogen dan oksigen di udara. Ketika kendaraan hidrogen menghirup udara, mesin akan menyaring debu halus dan mengeluarkannya dalam bentuk oksigen, sehingga dinilai menjadi kendaraan yang ramah lingkungan. Menurut rencana Pemda Seoul juga akan mengoperasikan 30 bus listrik di pusat Seoul mulai bulan September mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here