Tips Merawat Lensa Kontak

0
541

Mengenakan lensa kontak adalah alternatif yang praktis bagi para pemakai kacamata. Namun, sayangnya masih banyak orang yang salah menggunakan lensa kontak, sehingga dapat membahayakan kesehatan mata.

Memerhatikan kebersihan, higienitas, hingga cara pakai yang benar, merupakan kunci utama agar pemakaian lensa ini aman dan nyaman.

Lantas, apa yang tidak boleh dilakukan? Simak yang berikut ini.

Tangan kotor saat memakai lensa

Seperti yang diketahui, tangan merupakan sumber dari ribuan bakteri dan kotoran. Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh lensa dan mengenakannya di mata kamu.

Menjaga kebersihan dan higienitas lensa

Selain memerhatikan kebersihan tangan saat aplikasi, kamu juga wajib merawat lensa kontak dengan benar. Pastikan kamu menyimpan di tempat penyimpanan khusus. Selain itu, ganti air di tempat penyimpanan setiap hari, dan ganti tempat tiap enam bulan sekali.

Memakai lensa di kamar mandi

Kelembapan dari ruangan di kamar mandi dapat membuat lensa kontak mudah membengkak. Hal ini yang kemudian membuat mata kurang nyaman saat memakainya. Selain itu, lensa yang membengkak juga berisiko menggores kornea dan menyebabkan infeksi.

BACA JUGA:

Buah Pepaya Baik untuk Jantung

Belanja di Cleanomic untuk Kurangi Sampah Plastik

Memakai terlalu lama

Menggunakan lensa dari pagi hingga dibawa tidur adalah kesalahan yang fatal. Selain membuat mata kering, mata juga butuh waktu bernapas dan lepas dari lensa kontak. Sebaiknya, gunakan alat bantu baca ini tidak lebih dari 14 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here