Cob Style, Gaya Baru Rumah Ramah Lingkungan

0
163

Tinggal di negara tropis yang kadang memiliki cuaca panas ekstrim, membutuhkan desain rumah yang sejuk. Coba konsep yang satu ini, yaitu Cob Style.  Cob adalah material bangunan yang terbuat dari tanah liat, air, komponen organik (misalnya jerami), dan terkadang dicampur dengan batu kapur.

Selain ramah lingkungan, Cob Style mampu memberikan kesejukan di cuaca panas dan menyimpan panas saat cuaca dingin. Bangunan dengan material cob ini relatif murah dan terjangkau serta tahan terhadap aktifitas seismic (gempa bumi).
Bila ingin mencoba menerapkan cob style, bisa dilakukan tanpa harus merombak atau merenovasi seluruh bangunan yang telah ada. Kamu cukup mendekor ulang beberapa ruangan yang ingin diubah. Lapisi ulang dinding ruangan munggunakan material cob tanpa perlu merobohkannya sama sekali.

BACA JUGA :

Rumah Ramah Lingkungan

Kafe Unik yang dikelilingi Pohon dan Tanaman Hias

Rumah dari Jerami di Amerika Serikat. itjeher.com.

Di Colorado hingga Arizona, Amerika Serikat, bahkan terdapat komunitas yang mendirikan rumah dengan bahan-bahan sederhana ini, mulai dari jerami, tanah, dan tanah liat. Ide membuat rumah murah dari jerami ini dicetuskan oleh Emily Niehaus. Ia juga mengajari masyarakat bagaimana mendirikan pondasi, pembuatan tiang dari kayu, hingga pembuatan atap. Untuk dindingnya sendiri dibuat dari jerami yang sudah dirangkai, dan ditutupi oleh tanah liat di sekelilingnya. Setelah dinding mulai meninggi, baru jendela dan pintu dipasang.

Rumah ini juga dilengkapi dengan sistem listrik tenaga surya hingga sistem pengairan ramah lingkungan. Sehingga sangat aman bagi kehidupan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here