Tren Baru Diet Keto

0
763

Akhir-akhir ini, cara menurunkan berat badan dengan diet keto menjadi tren baru di kalangan para perempuan khususnya. Karena siapa sih yang tidak ingin memiliki badan yang ideal ? Namun sebelum menerapkan metode yang satu ini, tidak ada salahnya mempelajari lebih dalam, apa yang disebut diet keto itu dan apakah ada kontraindikasinya untuk tubuh kita.

Keto atau ketosis adalah gabungan dari ketogenik dan fastosis. Ketogenik merupakan sebuah pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein sedang. Sedangkan fastosis sendiri adalah fasting on ketosis yang artinya Puasa dalam kondisi ketosis. Sehingga diet keto itu adalah diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Apabila konsumsi lemak normal adalah sekitar 20-30%, diet ketogenik menganjurkan asupan lemak mencapai 60-70%.

Diet ini pertama kali diperkenalkan oleh dr. Gianfranco Cappello. Yaitu seorang profesor dari Universitas Sapienza di Italia yang mengatakan bahwa diet ketogenik dapat dikatakan aman bagi penderita obesitas atau orang yang kelebihan berat badan. Karena hanya memiliki efek samping kelelahan  dalam waktu yang tidak lama.

Adapun makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat melakukan diet keto :

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga pelaku ketogenik dianjurkan untuk menggunakan minyak ini pada saat memasak makanan.

Ikan dan Aneka Daging

Daging merupakan menu utama diet keto dan wajib dikonsumsi setiap hari.  Karena merupakan sumber energi untuk membantu tubuh beraktivitas. Pilih daging berlemak seperti daging sapi, paha ayam dan semua olahan daging. Namun disarankan lebih banyak mengonsumsi daging rendah lemak. seperti dada ayam atau kalkun putih tanpa kulit. Aneka ikan seperti salmon, tuna, ikan laut dan tawar juga menjadi sajian wajib yang bisa dijadikan main course.

Sayuran

Tidak semua sayuran dianjurkan pada diet ini, hanya sayuran rendah karbohidrat saja yang bisa dijadikan pilihan. Antara lain, brokoli, selada, mentimun, paprika dan asparagus. Sedangkan sayuran yang harus dihindari adalah jagung, wortel, kacang polong dan kentang. Keempat sayuran tersebut memang mengandung karbohidrat tinggi yang sangat tidak dianjurkan dalam ketogenik.

Untuk kamu yang ingin mencoba diet ini, disarankan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli atau dokter gizi yang bisa memeriksa kondisi tubuh kamu terlebih dahulu. Karena menurut dokter gizi, Dr. Ade Erni, dari sisi kesehatan untuk melakukan diet keto sangat  tidak di anjurkan. Hal ini karena  berkurangnya asupan karbohidrat yang membuat  tubuh menjadi lemah dan tidak memiliki nutrisi yang cukup. “ Untuk melakukan diet yang seimbang adalah mendapatkan nutrisi yang seimbang, olahraga teratur, kurangi asupan kalori yang berlebih dan sabar untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Karena bila ingin mengurangi berat badan, setidaknya memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 4 dan 5 kilogram perbulannya, dan  semua asupan yang kita konsumsi sesuai aturan “ , ujarnya. Karena program diet dalam bentuk apapun,  harus di bawah pantauan dokter khusus atau medis untuk melihat kondisi yang sesuai untuk tubuh kita. Jika tidak memungkinkan namun dipaksakan, akan berakibat buruk  untuk tubuh kita nantinya, tambahnya.

Untuk Konsultasi, bisa menghubungi Dr. Ade Erni di Rumah Sakit Hermina, Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here