Olahraga Panahan untuk Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh

0
1517

Panahan kini mulai menjadi salah satu aktivitas yang digandrungi oleh anak-anak, remaja hingga dewasa. Merupakan suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah dan sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu, namun awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertemburan.

Kini, panahan dijadikan sebagai olahraga ketepatan. Bahkan dipercaya baik untuk kesehatan sekaligus mengamalkan anjuran Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, selain berkuda dan berenang, Nabi Muhammad gemar olahraga panahan.

BACA JUGA :

Yuk Tiru Latihan Olahraga yang Dilakukan Gal Gadot Ini!

Olahraga di Plaza Indonesia Demi Tetap Fit Seperti Atlet Asian Games 2018

Lokasi : Shoot Archery Zone, Gandaria City. itjeher.com.

Apa saja manfaat panahan untuk kesehatan ? antara lain :

  1. Melatih Fokus

Memanah mengharuskan kita menembak sasaran dari jarak tertentu, sehingga melatih otak kita untuk fokus.  Satu detik sebelum tali busur panah ditarik, pemanah masuk ke dalam ruang hening. Yang ada hanyalah dirinya sendiri, busur, anak panah, dan sasaran.

  1. Melatih Kordinasi Tangan, Mata dan Keseimbangan

Aktivitas memanah melibatkan banyak anggota tubuh, terutama tangan dan mata. Selain itu juga harus didukung kondisi tubuh yang seimbang. Dari konsentrasi, lalu fokus dengan satu titik pada sasaran, seorang pemanah bisa melatih otot-otot matanya. Fokus dan konsentrasi pada satu titik dengan jarak yang cukup jauh, yang dilakukan berulang-ulang, akan memperkuat otot mata. Selain itu, proses pelepasan anak panah dari busur menuju sasaran juga hal penting agar bidikan akurat dan proses ini mengharuskan jari dan tangan kita untuk lebih fleksibel.

  1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Selain keseimbangan, memanah juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan tentunya akan menguras banyak energi tubuh. Sehingga akan melatih kekuatan tubuh kita.

  1. Melatih Mental dan Kesabaran

Fokus dan konstrasi menjadi kunci dalam keberhasilan membidik sasaran. Tentunya ini akan melatih kesabaran dalam menembakan anak panah. Selain itu, olahraga panahan juga harus menjauhkan sifat keragu-raguan, sehingga akan membangun dan  meningkatkan rasa percaya diri.

Kini ada fasilitas memanah baru yang bisa kamu kunjungi kapan saja, yaitu Shoot Archery Zone di Gandaria City Mall, lantai 2 , Jakarta Selatan. Untuk informasi bisa melalui www.shootarcheryzone.com.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here