Selain susu, Ini Jenis Makanan Tinggi Kalsium

0
1445

Susu terkenal sebagai salah satu sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan. Kalsium memiliki peran penting untuk pembentukan tulang, dan dapat mencegah tubuh terkena osteoporosis. Karena itu, banyak pula ibu hamil yang disarankan mengonsumsi banyak kalsium, untuk pertumbuhan tulang sang janin.

Namun, banyak orang yang tidak tahu, bahwa sumber kalsium tak hanya dari susu. Banyak sekali jenis makanan lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Sayuran hijau

Sayur seperti brokoli memiliki 180 miligram kalsium pada porsi secangkir. Jumlah ini adala 18 persen dari kebutuhan harian tubuh.

Sarden

Banyak nutrisi penting yang ada di dalam sarden. Sebut saja asam lemak omega 3, vitamin D, dan kalsium. Ada sekitar 370 miligram kalsium dalam setiap 3 ons sarden.
Tofu

Dalam setiap tofu, tersedia 861 miligram kalsium. Konsumsi rutin tofu akan berguna untuk kesehatan tulang yang optimal.Terbuat dari kacang kedelai, tofu merupakan salah satu makanan rendah kalori dan bebas gluten.

Kacang almond
Selain memiliki dosis protein, vitamin E, potasium, magnesium, dan mangan yang sehat, almond juga mengandung kalsium yang tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Setiap 1 ons almond (sekitar 22 kacang) dapat memenuhi 8 persen dari asupan kalsium harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here