Tips Memilih & Memasak Bahan Makanan Non-Organik

0
1216

Tidak semua bahan makanan yang kita  beli di pasar atau supermarket merupakan produk pangan organik. Memang makanan organik lebih baik karena diolah tanpa campur tangan bahan-bahan kimia. Dengan mengonsumsi makanan organik, kamu mencegah penggunaan pestisida pada makanan.

Pestisida membunuh mikroorganisme yang menahan karbon tetap berada di dalam tanah sehingga tanah tidak akan subur secara alami. Memang harga makanan organik relatif lebih mahal daripada makanan biasa. Tetapi, makanan ini investasi penting bagi kesehatan kamu loh !

BACA JUGA :

Selain susu, Ini Jenis Makanan Tinggi Kalsium

Bahaya Konsumsi Sambal Kemasan Untuk Kesehatan

Namun jangan khawatir kalau kamu tidak bisa mendapatkannya. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi non organik :

  • Cuci sayuran di bawah air mengalir.
  • Kacang Polong aman dikonsumsi. Karena kacang polong termasuk sayur yang bersih dan aman karena terlindung oleh polong mereka. Begitu juga dengan asparagus, masa tanamnya yang cepat membuat asparagus tidak sempat diserang oleh serangga dan juga hama lainnya.
  • Masak daging sapi atau ayam hingga matang. Daging setengah matang mengandung Parasit toksoplasmosis, bakteri salmonella atau senyawa mikroba lainnya dikhawatirkan belum sepenuhnya mati pada temperatur pemasakan setengah matang.
  • Kupas kulit buah-buahan sebelum memakannya. Atau pilih buah yang aman dari pestisida, yaitu buah yang memiliki kulit tebal. Seperti semangka, alpukat, nanas dan mangga.
  • Konsumsi makanan dengan menu bervariasi. Jadi tidak itu-itu saja atau monoton.
  • Kurangi makanan produk olahan daging, seperti sosis atau nugget. Senyawa nitrat yang digunakan sebagai pengawet produk ini, dalam jumlah berlebihan berpotensi menjadi senyawa kimia lain, yang di dalam tubuh bisa mengganggu kelancaran aliran darah.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here