Ini Dia Efek Udara Panas Bagi Tubuh

0
1376

Akhir-akhir ini, udara panas yang melanda area Jakarta dan sekitarnya membuat banyak orang mengeluh. Memang, cuaca panas yang sudah menjadi ‘makanan sehari-hari’ orang Jakarta, terasa lebih menyengat akhir-akhir ini, apalagi ditambah tidak ada setetes-pun hujan yang turun untuk mengimbangi hawa panas.

Hal ini bisa disebabkan karena bumi tengah memasuki masa kulminasi pada bulan September dan Oktober ini. Di dalam tahap ini, matahari berada tepat di posisi paling tinggi langit, yang menyebabkan panas matahari yang amat menyengat.

Cuaca yang panas tentunya membuat banyak efek samping, apalagi pada tubuh. Apa saja? Berikut paparannya.

Dehidrasi

Udara panas tentunya membuat tubuh mudah berkeringat dan kehilangan cairan tubuh. Maka tak heran tubuh cepat dehidrasi dan menjadi lemas. Perhatikan pasokan cairan tubuh baik di siang dan di malam hari.

Iritasi kulit

Udara kering pastinya bisa membuat kulit bertambah kering. Hal ini disebabkan karena cairan tubuh yang biasanya bekerja menghidrasi kulit berkurang akibat udara yang panas.

Pusing

Jika kamu sering keluar masuk gedung ber-AC, sedangkan cuaca di luar ruangan panas, otomatis kepala cepat pusing karena perubahan suhu secara mendadak.  Selain pusing, udara yang berubah-ubah juga membuat tubuh juga mengalami penurunan sistem imun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here