Sebelum Makan Sehat, Lakukan Cuci Tangan yang Benar

0
1382
Foto Pixabay. Itjeher.com

Selain makan makanan sehat, kebiasaan cuci tangan adalah resep hidup sehat bebas kuman. Maka itu, tak heran ada Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap 15 Oktober. Tujuan dari peringatan hari ini, untuk mengingatkan masyarakat untuk selalu mencuci bersih tangan, di setiap aktivitas.

Pada peringatan 15 Oktober kemarin, isu yang menjadi fokus adalah hubungan antara mencuci tangan dengan makanan yang meliputi nutrisi dan kebersihan makanan.

BACA JUGA:

Hari Gizi Nasional 2018 diperingati untuk Mencegah Stunting

Meghan Markle dan Pangeran Harry Menanti Buah Hati

Seperti yang kita tahu, mencuci tangan menjadi aspek penting agar menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh tetap bersih dan bebas dari kuman penyakit. Mencuci tangan dengan sabun anti bakteri dapat membunuh beragam kuman penyakit. Lebih dari 70 persen kasus diare yang ada di dunia memiliki sebab akibat dari kebersihan makanan.

Mencuci tangan dengan sabun diperkirakan dapat mengurangi risiko diare dari 27 hingga 48 persen. Mencuci tangan sebelum makan juga dapat mengurangi hilangnya nutrisi pada makanan. Penyakit yang ditularkan lewat makanan menjadi penyebab utama kematian di negara-negara berpendapatan rendah. Selain itu, makanan yang telah terkontaminasi dapat dengan mudah menyerang wanita hamil, janin, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Jadi, dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia di bulan Oktober ini, sebaiknya perbaiki ritual cuci tangan kamu dan keluarga, untuk kondisi kesehatan yang lebih baik. Biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasak dan menyiapkan makanan, sebelum makan, sebelum memberi makan kepada orang lain, dan sebelum menyusui. Mengingatkan anggota keluarga untuk selalu mencuci tangan di setiap kesempatan di atas. Sediakan tempat cuci tangan yang nyaman di rumah, terutama bagi anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here