Menilik Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan

0
1437
Ilustrasi Madu Manuka, Foto Pixabay. Itjeher.com

Walau telah lama beredar di pasaran, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui Madu Manuka. Madu yang satu ini secara kasat mata terlihat sama saja dengan jenis madu yang lain. Padahal, banyak manfaat lebih yang bisa didapatkan dari jenis madu yang satu ini.

Madu manuka merupakan hasil dari lebah yang mengonsumsi pohon manuka. Jenis tumbuhan ini berasal dari New Zealand, dan juga Australia. Madu ini memiliki manfaat lebih banyak dari madu yang berasal dari bunga biasa.

BACA JUGA:

Sebelum Makan Sehat, Lakukan Cuci Tangan yang Benar

Manfaat Kentang yang Harus Kamu Ketahui

Madu manuka diteliti bisa mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, anti bakteri, anti inflamasi, mengatasi diabetes, mengatasi infeksi pada mata dan telinga, serta tinggi akan antioksidan. Madu ini memiliki zat anti bakteri yang lebih baik dari madu biasa, sehingga banyak digunakan untuk alternatif pengobatan. Banyak juga yang mengonsumsi madu ini secara teratur, untuk menjaga daya tahan tubuh.

Namun, perlu diperhatikan beberapa hal, karena tidak semua madu manuka memiliki nutrisi yang terjaga. Pilih madu manuka dengan label UMF/ MGS, yaitu standar internasional untuk madu manuka yang menjamin kualitas dan kemurniannya. UMF ini juga memiliki angka seperti UMF 5+, UMF 10+, dan lainnya. Semakin tinggi angkanya, maka semakin tinggi zat anti bakterinya. Semakin tinggi angkanya, maka semakin mahal pula harganya. Untuk anak-anak, konsumsi madu manuka dapat dimulai di UMF5-10+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here