Olahraga Bisa Buat Otak Semakin Sehat

0
1139

Banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari olahraga. Selain membuat kondisi tubuh semakin fit, olahraga amat baik juga untuk membuat daya ingat tetap terjaga. Sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga 52 jam selama enam bulan, atau sekitar empat jam dalam satu minggu dapat mempertahankan kesehatan mental seseorang.

Efek positif ini disebabkan karena tubuh aktif bergerak secara keseluruhan, sehingga mengurangi kerusakan bagian tubuh yang terkait karena usia.

BACA JUGA:

Golongan Minuman Tidak Sehat untuk Mulai Berolahraga

Mengenal Gejala Aerophobia, Ketakutan Naik Pesawat

Para peneliti telah mengidentifikasi hormon tulang berpotensi membalikkan hilangnya memori di otak yang menua dengan olahaga. Sebuah studi tentang hormon osteokalsin memberi wawasan baru tentang bagaimana perubahan gaya hidup seperti olahraga, secara positif berpengaruh pada otak.

“Hampir semua orang akan kehilangan memori yang berkaitan denga usia dalam hidup mereka. Jadi sangat penting untuk memahami penyebabnya dan mengidentifikasi cara untuk meredakannya. Kami telah menunjukkan bagaimana osteokalsin berinteraksi dengan protein kunci di otak untuk meningkatkan memori” jelas Eric R. Kandel, Profesor di Columbia University, Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here