Penghijauan di Rumah Banyak Manfaatnya

0
1177

Mendukung gaya hidup minimalis salah satunya adalah dengan cara penghijaun di rumah. Karena dengan begitu, kita bisa mengurangi polusi udara yang ada di ibukota dan menyelamatkan dunia. Bisa mulai dengan menanam tanaman hias pada wadah yang tidak terpakai, seperti botol plastik, alat dapur dan lain sebagainya.

Menaman pohon bisa menjadi tahapan selanjutnya. Menanam pohon bukan berarti kita harus membeli langsung pohon besar dan menanamnya di lahan rumah, tetapi mulai dari menanam tunasnya terlebih dahulu karena dari gerakan kecil ini manfaatnya akan kita terima di masa depan.

Berikut manfaat lain bila kamu melakukan penghijauan di rumah :

  • Mengurangi partikel debu. Pepohonan juga berfungsi menurunkan kadar partikel debu. Menurut pengamatan Bianpoem (1997) pohon dengan luas 300×400 m2 dapat menurunkan kadar partikel debu dari 7.000 partikel/liter menjadi 4.000 partikel/liter.
  • Pemecah Angin. Pepohonan pada jalur hijau berfungsi memecah angin agar sirkulasi udara tersebar merata dalam satu kawasan. Pepohonan juga melindungi konstruksi bangunan dari terjangan angin kencang di musim hujan.

BACA JUGA :

Olahraga Bisa Buat Otak Semakin Sehat

Berkenalan dengan Gaya Hidup Zero Waste yang Menguntungkan

  • Tumbuhan hijau berfungsi sebagai stabilisator lingkungan. Keberadaan tumbuhan hijau di lingkungan sekitar dapat menciptakan suasana yang segar, nyaman dan sejuk.
  • Penghijauan yang berasal dari pepohonan juga akan menjaga kualitas air. Pohon- pohon akan melindungi kulitas air tanah dengan akarnya. Oleh karena itulah kita sering melihat bahwa mata air yang mana airnya dijadikan sebagai air minum berada di sekitar pepohonan seolah mata air tersebut dijaga oleh pohon- pohon besar dengan akarnya yang lebat.
  • Lingkungan yang hijau bisa dimanfaatkan sebagai sarana terapi kesehatan, terutama yang berhubungan dengan pikiran. Orang yang penat akan suasana perkotaan biasanya cederung mudah stress. Hal ini bisa diatasi dengan mendatangi lingkungan dengan banyak pohon atau pemandangan hijau. Dengan melihat pemandangan hijau maka pikiran yang penat akan tergantikan dengan pikiran yang segar dan fresh, sehingga jauh dari kata pusing.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here