Waspada Bahaya Radiasi Ponsel

0
334

Ponsel pintar atau sering dikenal dengan smartphone kini telah menjadi kebutuhan dasar banyak orang. Benda yang satu ini hampir tidak bisa lepas dari genggaman dan selalu dibutuhkan untuk menyelesaikan banyak hal.

Namun, tahukah kamu bahwa radiasi ponsel dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker? Sebuah studi menemukan bahwa gelombang radio berupa radiasi dari beberapa jenis ponsel dapat meningkatkan risiko terkenal kanker otak dan hati.

Penelitian ini dilakukan pada 3 ribu hewan pengerat. Hewan-hewan ini terpapar radiasi selama sembilan jam setiap hari, dan terjadi selama kurun waktu dua tahun. Hasilnya, sekitar 2-3 persen tikus jantan yang terpapar memiliki glioma ganas atau kanker otak yang mematikan. Selain itu, 5-7 persen tikus jantan juga terkena tumor hati ganas.

Namun, tingkat radiasi yang dipaparkan memang lebih besar dariada yang biasa terjadi di manusia. Tingkat radias terendah yang digunakan pada studi ini sama dengan paparan maksimun yang diizinkan untuk pemakaian ponsel.

Namun, menurut para ahli walau dalam jumlah sedikit, paparan radiasi ponsel tetap dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here