Peran Ayah Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

0
980

Jika orangtua jaman dahulu sering memiliki prinsip bahwa ayah berperan sebagai tulang punggung keluarga dan tidak berperan penting dalam tumbuh kembang anak, ternyata hal tersebut belum tentu benar.

Menurut seorang psikolog anak, Ayah juga memiliki peran penting untuk kecerdasan dan kepribadian seorang anak. Peran ayah pada anak perempuan amat penting untuk meningkatkan inteligensi. Sedangkan bagi anak laki-laki, ayah menjadi contoh yang akan ditiru kelak sembari berkembang.

BACA JUGA:

Waspada Bahaya Radiasi Ponsel

Penghijauan di Rumah Banyak Manfaatnya

Pada umumnya ayah berperan penting untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengolah masalah, mencari solusi, dan membentuk kepribadian. Jika proses ini berlangsung dengan baik, anak akan tumbuh sebagai anak yang tidak mudah putus asa dan pandai mencari solusi akan tiap masalah. Ayah juga mampu membuat anak menjadi pemberani dan tidak mudah takut.

Bukan berarti seorang wanita atau ibu tidak bisa mengajarkan hal tersebut pada anak, namun kemampuan seorang pria yang mampu berpikir logis dan mudah mencari solusi, membuat seorang ayah lebih mudah mengajarkan kebiasaan tersebut kepada anaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here