Memeluk Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak

0
1705

Memberi pelukan telah menjadi salah satu bahasa tubuh untuk menunjukkan kasih sayang kepada seseorang. Hal ini kerap kali dilakukan oleh para orangtua kepada anak mereka. Entah untuk memberi tanda kasih, menenangkan ketika si kecil sedang resah, atau memberikan kenyamanan saat dibutuhkan.

Ternyata kebiasaan ini memiliki banyak efek baik. Tak hanya baik dalam sisi psikologi, memeluk sang buah hati dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak.

BACA JUGA:

Peran Ayah Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Tanaman Ini Bisa Menjadi Perwarna Alami yang Ramah Lingkungan

Penelitian dilakukan oleh tim dari Nationwide Children’s Hospital di Ohio melakukan sejumlah studi. Penelitian ini melibatkan 125 bayi yang lahir secara prematur dan di usia kelahiran matang. Studi ini dilakukan untuk mengetahui respon para bayi terhadap kontak fisik yang dilakukan.

Hasilnya, bayi yang prematur merespon kontak fisik lebih rendah dibandingkan bayi yang lahir di usia matang. Dan bayi yang mendapatkan sentuhan fisik dari orangtua dan tim medis memberi respons otak yang lebih kuat.

Para peneliti memberi kesimpulan, bayi yang diberikan kontak fisik dapat menghasilkan perkembangan otak yang lebih pesat. Maka itu banyak dokter yang menyarankan skin to skin untuk bayi yang lahir prematur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here