Apakah Makanan Organik Lebih Sehat ?

0
1437
makanan organik

Bahan makanan organik memang diklaim tidak mengandung pestisida.  Petani konvensional pada umumnya menggunakan pestisida sintetis untuk melindungi sayuran dan buah dari jamur, hama, dan serangga. Pestisida ini akan terus meninggalkan residu yang menempel pada sayuran dan buah sehingga dikhawatirkan berisiko pada manusia yang mengonsumsinya.

Bahan makanan organik juga tidak mengandung bahan tambahan, antara lain bahan pengawet, pemanis buatan, monosodium glutamate (MSG), atau bahan pewarna dan perisa. Meski demikian, jika ada penggunaan pestisida atau bahan tambahan lainnya, umumnya tidak melebihi kadar yang dianjurkan pemerintah.

BACA JUGA :

Manfaat Mentimun Laut untuk Kekebalan Tubuh

Berat Badan Dapat Turun Jika Diukur Teratur

Namun hingga sekarang belum ditemukan manfaat kesehatan yang signifikan dari mengonsumsi bahan makanan organik. Terdapat banyak cara lain yang menentukan kesehatan seseorang di samping pilihan konsumsi makanan organik atau konvensional. Antara lain :

  • Belilah buah dan sayur sesuai musimnya, atau lebih baik lagi belilah langsung dari petani lokal.
  • Sebelum dikonsumsi atau dimasak, cuci buah dan sayuran di bawah air mengalir. Dengan mencuci, umumnya kotoran, debu, bakteri, dan bahan kimia yang menempel pada lapisan kulit akan hilang.
  • Bila ada bahan pestisida tertentu yang tidak dapat hilang dengan dicuci, ini bisa diatasi dengan mengupas kulitnya untuk mengurangi risiko paparan pestisida.
  • Bacalah label makanan kemasan dengan baik. Walaupun diberi label organik, namun bisa saja produk tersebut masih mengandung kalori, gula, dan garam dalam kadar berlebihan.
  • Nutrisi yang terdapat dalam makanan bisa mengalami oksidasi dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, meskipun Anda memiliki buah jeruk organik, namun jika Anda menyimpannya sekian lama dalam lemari pendingin, maka Anda bisa jadi kehilangan banyak nutrisi dari buah jeruk tersebut.

Bahan makan organik sudah terbukti manfaatnya untuk kesehatan manusia karena diklaim lebih ramah lingkungan. Pertanian organik bertujuan menjaga kelestarian air dan tanah dengan mengurangi polusi bahan pestisida sintetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here