Manfaat Meditasi yang Wajib Diketahui

0
2117

Belakangan ini, rutinitas meditasi banyak dilakukan orang untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Mulai dari rasa cemas hingga stres, bisa diredam dengan melakukan meditasi dengan teratur.

Jika kamu belum mengetahui lebih lengkap, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan meditasi secara teratur.

Kurangi stres
Saat tubuh stres, otomatis hormon kortisol di dalam tubuh meningkat dan melepaskan sitokin. Hal ini yang kemudian mengganggu kebiasaan tidur, meningkatkan tekanan darah, dan lama kelamaan memberikan depresi. Dengan meditasi dan latihan pernapasan, hormon kortisol pada tubuh menurun.
Mengatasi depresi
Seperti yang diketahui, stres dalam jangka panjang dapat menghasilkan depresi. Maka itu gaya hidup yang menerapkan kebiasaan meditasi setiap hari dapat mengurangi bahkan mencegah tubuh depresi. Sebuah studi yang dilakukan pada 55 wanita dan 22 pria melakukan program meditasi selama 30 menit dalam 8 minggu yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan olahraga. Hasilnya., gejala depresi pada peserta berkurang hingga 40 persen.
Kontrol rasa cemas
Rasa cemas  berlebihan juga bisa diatur dengan kebiasaan meditasi. orang yang mengikuti meditasi yoga mampu mengutangi tingkat kecemasan dan lebih mudah mengontrol emosi. Kebiasaan meditasi dapat mengendalikan kecemasan yang muncul secara berlebihan, hingga mencegahnya tidak muncul sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here