Mengapa Tubuh Sering Terbangun Tengah Malam?

0
192
Penyebab Terbangun di Tengah Malam. Itjeher.com
Penyebab Terbangun di Tengah Malam. Itjeher.com

Banyak sekali orang yang mengeluh karena terbangun di tengah malam. Hal ini terkadang dapat mengganggu siklus tidur, dan membuat tubuh tidak fit di pagi harinya. Banyak orang yang susah terlelap kembali, tidak jarang orang akhirnya terbangun hingga pagi.

Sebenarnya kenapa tubuh sering terbangun di tengah malam, atau ketika sedang tidur nyenyak? Berikut beberapa alasan yang dapat diketahui.

BACA JUGA:

Mengolah Sampah dari Rumah. Penting !

Manfaat Kabocha untuk Orang Dewasa

Buang air

Buang air kecil dua hingga empat kali di malam hari bisa terjadi karena kurangnya keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh. Minum air tanpa cukup garam biasanya membuat orang jadi ingin buang air kecil terus menerus.

Depresi

Sekitar 17 persen wanita cenderung memiliki gejala depresi ringan yang membuat sulit tidur.  Munculnya pikiran negatif, kecemasan berlebihan, kekurangan energi, dan nyeri di beberapa bagian tubuh membuat terbangun di tengah malam.

Bertambah usia

Memasuki usia 40-an, jam tubuh mulai bergeser. Hal tersebut belum dilakukan penelitian khusus namun pertambahan usia memang memengaruhi jam biologis tubuh seseorang. Memasuki usia 60-an, tubuh akan secara alami akan bangun lebih awal atau dua jam lebih awal daripada usia 30-an

Stres

Stres bisa mengaktifkan bagian otak yang membuat sulit tidur. Orang-orang yang memiliki masalah ini biasanya bisa melakukan terapi dengan menghubungi psikolog.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here