Alternatif Karbohidrat yang Sehat dan Tak Kalah Lezat

0
1612
Nasi Putih. Itjeher.com
Nasi Putih. Itjeher.com

Banyak orang yang kini mengurangi porsi nasi putih atau bahkan memangkas habis konsumsi nasi untuk alasan kesehatan dan berat badan. Nasi putih sering dihindari karena membuat tubuh menumpuk gula dan lemak, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan karbohidrat. Banyak sekali alternatif karbo yang menarik dan tidak kalah lezat dari sepiring nasi putih. Apa saja? Simak di sini.

BACA JUGA:

Nasi Putih jadi Kaya Serat dan Rendah Kalori

Manfaat Meditasi yang Wajib Diketahui

Kentang

Kentang mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi daripada beras. Pangan yang satu ini amat mudah untuk diolah. Kamu bisa mengukus, merebus, atau memanggang kentang untuk disantap bersama lauk.

Oatmeal

Oatmeal, makanan pokok pengganti nasi yang lezat. Mereka adalah sumber serat yang sangat baik kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sebagai makanan pengganti nasi, oatmeal memiliki efek kesehatan yang menguntungkan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Beras merah

Per 100 gram, beras merah memiliki tujuh gram protein dan dua gram serat, karena lebih banyak serat nasi merah akan lebih membuat perut kenyang. Selain itu beras merah mengandung antosianin yang berfungsi melindung sel tubuh dari kerusakan karena paparan sinar matahari.

Quinoa

Quinoa merupakan salah satu dari beberapa tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial. Makanan pengganti nasi putih yang mengandung protein bebas gluten ini jjuga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here