Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama Bermain Gawai

0
2075

Belakangan ini, melihat anak kecil bermain gawai bukan hal yang aneh. Anak dengan mudah mengakses gawai dan beraktivitas di depan layar. Padahal, hal ini sebenarnya tidak direkomendasikan oleh para ahli. Ada banyak efek buruk yang didapat jika seorang anak terlalu sering bermain gawai.

Karena itu, para ahli menyarankan untuk memberi batasan waktu kepada anak agar tidak bermain gawai terlalu lama. Apa saja efek buruk dari bermain gawai terlalu lama? Berikut paparannya.

BACA JUGA:

Manfaat Meditasi yang Wajib Diketahui]

Mengapa Tubuh Sering Terbangun Tengah Malam?

Waktu tidur terganggu

Cahaya pada layar yang terlalu terang dapat menekan melatonin yang merupakan hormon utama untuk mengatur jam biologis pada tubuh. Karena itu waktu tidur pada anak dapat terganggu karena kebiasaan ini.

Sulit fokus

Anak-anak yang kecanduan layar, sering tidak dapat fokus pada kegiatan lain seperti pergi ke luar atau ke bioskop. Mereka menunggu waktu hingga mereka dapat kembali ke perangkat mereka.

Tidak bisa senang tanpa gawai

Permainan pada gawai melepaskan kimia yang membuat anak jadi kurang sensitif. Mereka akan terus menerus menghabiskan waktu di depan gawai untuk mendapatkan kesenangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here