Foto : Pexels itjeher.com
Foto : Pexels itjeher.com

Pola Makan Seperti Ini Lebih Ramah Lingkungan

Membahas isu lingkungan, ternyata tak bisa lepas dari pola makan di kehidupan seseorang yang dilakukan praktis setiap hari. Produksi dan distribusi makanan adalah salah satu sumber emisi gas yang jadi bahasan terkait persoalan lingkungan.

Pada faktanya, bisa jadi roti yang kamu makan untuk sarapan setiap hari lebih besar emisinya daripada kendaraan.

Karena itu, jika ingin lebih ramah lingkungan, pola makan juga harus dijaga. Ini caranya!

  1. Bawa Minum dari Rumah

Tak hanya masalah sampah botol plastik yang belum ada penyelesaiannya, air minum kemasan juga melibatkan proses produksi panjang yang berpengaruh pada lingkungan. Dari mulai proses pabrik, pembuangan limbah hingga distribusinya, membawa air minum dari rumah akan memotong semuanya.

  1. Habiskan Makananmu!

Saat makanan dibeli lalu ada yang terbuang, artinya kamu juga menyia-nyiakan proses makanan tersebut dari mulai ditanam, tumbuh, dipanen, diolah, dikemas hingga didistribusikan. Jika memutuskan untuk membeli makanan, pilih yang sesuai porsi. Tidak membuang-buang makanan juga mengurangi sampah organik yang belum tentu berakhir dikompos.

BACA JUGA :

Kiwi Mengandung Dua Kali Lipat Vitamin C

Winner Lanjutkan Tur ke Amerika

Mencoba Restoran Baru Tanpa Menu di Jakarta Selatan

  1. Makan Lebih Sedikit Daging

Tak perlu menjadi vegetarian, kamu hanya perlu mengurangi konsumsi daging dalam seminggu atau sebulan akan membuat kamu lebih banyak makan sayuran yang lebih cepat terurai ketika dikompos. Gaya hidup ini juga mendorong produksi tanaman yang lebih sehat.

  1. Hindari Makanan Proses

Pola makan yang satu ini wajib dijadikan kebiasaan mulai dari sekarang. Karena banyak yang sudah terbiasa mudah mengonsumsi makanan siap saji seperti makanan proses. Padahal, makanan proses mengandung lebih banyak kemasan yang berpotensi jadi sampah dan lebih tinggi kalori, gula dan garam daripada makanan rumahan.

More Stories
Minuman Keju di Jakarta yang Kekinian dan Sehat