Tips Belanja Bulanan yang Lebih Sadar Sampah

0
824
Foto : Pexels itjeher.com
Foto : Pexels itjeher.com

Belanja bulanan yang rutin dilakukan ternyata dapat menjadi sumber pengumpul sampah terbesar dalam kegiatan rumah tangga. Untuk bisa hidup selaras dan lebih ramah lingkungan, ternyata diperlukan usaha yang membutuhkan kesadaran.

Ingat hal ini sebelum jadwal belanja bulanan kamu berikutnya!

  1. Selalu bawa tas belanja sendiri

Ingat untuk meletakkan tas kain atau tas yang bisa dipakai ulang di tempat-tempat yang paling mudah dijangkau. Penggunaan plastik untuk membungkus belanjaan sudah pasti akan menjadi sampah. Pilih tas yang mudah dilipat kecil sehingga praktis dibawa untuk menampung semua belanjaan.

 BACA JUGA :

Museum Louvre Ramai Karena Beyonce dan Jay-Z

Kendall Jenner Berbagi Cerita Perjalanannya Menghadapi Jerawat

Kosmetik Vegan Baik untuk Tubuh dan Lingkungan 

  1. Pilih yang tanpa kemasan

Jika tersedia pilihan buah atau sayur yang sudah dikemas plastik dan satuan, maka pilih yang satuan dan hindari kemasan plastik. Jika memungkinkan bawa wadah belanja buah yang terpisah berbentuk jaring, atau kotak transparan yang bisa digunakan ulang sehingga memudahkan untuk dilihat.

  1. Cermati logo kemasan

Jika akan membeli produk yang dikemas, selalu pilih yang kemasannya bertanda dapat didaur ulang, dapat digunakan kembali, dan biodegradable. Kotak bisa digunakan kembali sebagai wadah, ketika membeli produk pertimbangkan juga kemana kemasan akan berakhir.

  1. Pilih kemasan besar

Hindari produk dengan bentuk satuan yang dikemas kecil, pilih produk dengan kemasan besar yang dapat dihabiskan dalam jangka waktu lebih lama. Selain kemasan kecil menghasilkan lebih banyak sampah, kemasan besar biasanya lebih hemat. Selamat belanja bulanan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here