Beramai-Ramai Membuat Kantong Plastik dari Kulit Udang untuk Menyelamatkan Bumi

0
501
pixabay

“ Saya Pilih Bumi “ , berikut adalah moto hidup seorang remaja asal Australia bernama Angelina Arona yang sangat mulia. Ia berniat menyelamatkan bumi dengan membuat kantong plastik yang ramah lingkungan dari udang.

Arora yang masih jadi siswi di Sydney Girls High School ini berhasil menciptakan kantong plastik dari bahan organik yang mudah terurai dan tidak membahayakan planet.  Awalnya, perjuangan Arora mengalami kegagalan, yaitu bereksperimen dengan kulit pisang. Akhirnya mengganti kulit udang sebagai bahan pembuatan kantong plastik berhasil.

Dan atas penemuannya ini, Arora mendapatkan penghargaan di Innovator to Market Award 2018 dan mendapat perhatian dunia di ajang Intel International Science and Engineering Fair.

Angelina Arona
Angelina Arona

Hal ini juga dilakukan oleh siswi SMA Kharisma Bangsa, Ciputat, Tanggerang Selatan, Yuke Fadhlillah Kirana.  Berawal dari kekhawatirannya melihat masalah sampah di Indonesia yang semakin besar, Yuke tergerak membuat penelitian soal plastik dari kulit udang di program proyek sains sekolah. Bersama rekan-rekannya, dia mulai riset di jurnal soal permasalahan sampah, terutama gambaran 10 tahun ke depan.

Sementara Yuke, membuat plastik dengan cara mengumpulkan kulit udang terlebih dulu, lalu diblender, dicampur dengan bahan kimia tertentu yang disebut ramah lingkungan, kemudian dikeringkan. Setelah menjadi serbuk, bahan-bahan tadi dicampur dengan pati onggok yang terbuat dari pohon aren.

Yuke Fadhlillah Kirana
Yuke Fadhlillah Kirana
Yang terpenting dari penelitian Yuke adalah kemampuan plastik berbahan kulit udang untuk mudah terurai di dalam tanah. Bila plastik biasa butuh puluhan bahkan ratusan tahun, plastik bikinannya sudah terurai 45 hari di tanah humus dan tanah merah 60 hari.
Siswi kelas 12 tersebut mengklaim, butuh 2 kantong kulit udang untuk membuat satu kantong kresek ukuran belanja. Namun karena bahannya yang tidak tahan basah, plastik buatannya untuk sementara hanya bisa dipakai membawa barang-barang kering.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here