Apa yang Terjadi Ketika Minum Kopi Tiap Hari?

0
1137
Kopi Hitam. Itjeher.com

Kebiasaan minum kopi kini tak hanya dilakukan oleh para pria saja. Kini, baik wanita, remaja, dan ibu-ibu, menjadikan kebiasaan minum kopi untuk memulai hari mereka. Meski minuman yang satu ini amat bermanfaat untuk membuat tubuh lebih bersemangat dan fokus, ternyata ada dampak lain ketika dinikmati secara berlebihan.

Apa saja efek samping yang dirasakan ketika tubuh menerima kopi setiap hari? Simak paparan berikut ini.

BACA JUGA:

Pola Makan Seperti Ini Lebih Ramah Lingkungan

Kiwi Mengandung Dua Kali Lipat Vitamin C

Cemas

Kafein jadi komponen utama dalam kopi. Kafein mampu meningkatkan kewaspadaan dengan menghalangi efek adenosin atau zat kimia otak yang membuat tubuh merasa lelah. Dalam waktu bersamaan, kafein memicu pelepasan hormon adrenalin yang meningkatkan energi. Dengan kata lain, asupan kafein menimbulkan kecemasan dan kegugupan.

Pusing

Dalam dosis tertentu, sebenarnya kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Kafein membuat obat pengurang rasa nyeri bekerja lebih baik. Namun sebaliknya, jika konsumsi kafein terlalu banyak atau lebih dari 500 miligram, orang bisa mengalami keracunan kafein. Gejalanya berupa sakit kepala dan kelelahan.

Pencernaan lebih lancar

Kopi melepaskan gastrin yang membuat perut mempercepat aktivitas pada usus besar. Karena itu, banyak orang yang lebih lancar ke belakang usai meminum kopi. Maka itu, sebaiknya batasi konsumsi minuman ini dalam batas wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here