Mengapa Tubuh Cegukan Setelah Makan?

0
633
Cegukan Sehabis Makan, Mengapa Terjadi? Itjeher.com
Cegukan Sehabis Makan, Mengapa Terjadi? Itjeher.com

Apakah kamu pernah mengalami cegukan ketika selesai menyantap makanan? Ya, hal ini memang sering dialami oleh banyak orang. Walau terlihat sepele, namun kejadian ini sering mengganggu apalagi jika terjadi dalam rentan waktu yang cukup lama.

Sebenarnya kenapa tubuh bisa cegukan usai makan? Ternyat hal ini terjadi karena adanya kontraksi yang tidak sengaja terbuat di diagragma yaitu otot besar di pangkal paru-paru. Ketika kontraksi terjadi, paru-paru membesar, dan udara terhirup ke dalam. Suara cegukan terjadi karena penutupan pita suara yang terjadi segera setelah kontraksi diafragma.

BACA JUGA:

Manfaat Buah Tin yang Jadi Favorit Cleopatra

Mengetahui Diet Mediterania

Kontraksi diafragma terjadi oleh banyak hal, salah satunya ketika tubuh makan berlebihan dalam waktu singkat yang membuat perut mengembang dan menekan lambung sampai ke diafragma.

Selain itu, kontraksi diafragma juga bisa disebabkan oleh makan yang terlalu cepat. Makan yang terlalu cepat akan menyebabkan tubuh menelan banyak udara yang membuat perut membesar.

Makanan panas, terlalu dingin, sampai terlalu pedas, dan makanan bergas juga jadi alasan penyebab cegukan. Minuman seperti soda dan alkohol yang menyebabkan gelembung udara juga jadi penyebabnya. Jenis makanan di atas merangsang saraf di kerongkongan dan menyebabkan kejang refleks diafragma.

Biasanya jika cegukan sudah terjadi, ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasinya. Banyak orang yang ampuh menyudahi cegukan dengan cara minum air hangat. Ada pula yang ampuh menghilangkan cegukan dengan menahan nafas lebih lama. Kamu sendiri biasanya menghentikan cegukan dengan cara apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here