Panjang Umur dengan Banyak Gerak

0
1236
Bergerak Buat Umur Lebih Panjang. Itjeher.com
Bergerak Buat Umur Lebih Panjang. Itjeher.com

Bekerja kantoran biasanya membuat kita terlalu sering duduk dan bekerja di belakang meja. Hal ini tentunya membuat tubuh lebih banyak berdiam diri dan tidak bergerak. Padahal, penelitian terbaru menunjukkan tubuh yang lebih sedikit duduk memiliki kesempatan umur yang lebih panjang.

Studi yang dikeluarkan oleh American Journal of Epidemiology menemukan ketika seseorang mengganti 30 menit waktu duduk dengan bergerak atau beraktivitas ringan dapat berpengaruh pada risiko kematian dini yang berkurang sebesar 17 persen.

BACA JUGA:

Apa yang Terjadi Ketika Minum Kopi Tiap Hari?

Beramai-Ramai Membuat Kantong Plastik dari Kulit Udang untuk Menyelamatkan Bumi

Sedangkan jika 30 menit diganti dengan aktivitas olahraga yang sedang dan berat, risiko kematian akan berkurang hingga 35 persen. Maka itu tak heran jika para pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga secara rutin, apalagi jika tubuh sering menghabiskan waktu di balik meja.

Penelitian ini dilakukan pada data dari 7.999 orang yang berusia 45 tahun ke atas. Aktivitas mereka diobservasi dari tahun 2009 hingga 2013. Para peneliti menemukan bahwa jika waktu duduk diam diganti dengan bergerak atau berolahraga, tubuh akan menerima manfaat yang tinggi untuk kesehatan jangka panjang.

Namun hal tersebut tidak berfungsi jika tubuh hanya lebih sedikit duduk namun tidak bergerak. Maka itu, sebaiknya tubuh diberi rutinitas untuk bergerak dan berolahraga secara terus-menerus agar mengurangi risiko kematian dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here