3 Langkah Mudah Untuk Hidup Lebih Sadar Lingkungan

0
1285
Hidup Ramah Lingkungan. Itjeher.com
Hidup Ramah Lingkungan. Itjeher.com

Tanpa disadari, kondisi lingkungan dan alam yang sudah semakin buruk membuat kita mau tak mau harus lebih sadar akan lingkungan dan bertindak untuk mempertahankannya. Tidak bisa dipungkiri, semua gejala kerusakan alam ini merupakan ulah manusia, sehingga kita juga yang harus berubah untuk mempertahankan alam tempat hidup kita.

Sebenarnya, amat mudah untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan ini. Kamu tak perlu tiba-tiba menjadi vegetarian atau ikut gerakan membersihkan pantai dan laut dari sampah plastik. Cukup dari kebiasaan sehari-hari. Berikut beberapa langkap mudah untuk memulainya.

BACA JUGA:

Membuat Kompos, Menyenangkan dan Mengurangi Beban Sampah

Agar Rumah Tidak Berantakan, Perhatikan Hal Ini

Kurangi penggunaan sekali pakai

Contoh paling mudah adalah kantong plastik, sedotan, gelas plastik kopi, sendok garpu plastik, dan semua barang yang hanya kamu pakai sekali pakai. Jika kamu bisa membawa tempat bekal untuk membungkus makanan, atau minum tanpa sedotan, dan membawa kantongan sendiri, setidaknya ada satu plastik yang tidak terbuang hanya sekali pakai, yaitu dari diri kamu.

Diet belanja

Sama dengan prinsip Marie Kondo, biasakan untuk membeli hal yang benar-benar kamu butuhkan dan memberikan rasa bahagia yang sebenarnya. Pikir ulang berkali-kali jika kamu ingin membeli sesuatu apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Dengan barang yang lebih sedikit, otomatis sampah akan semakin berkurang.

Kurangi berkendara, pilih jalan kaki dan naik sepeda

Di Indonesia, khususnya di Jakarta, tampaknya hal ini masih belum bisa dilakukan secara benar-benar. Namun, kita bisa mulai dari hal kecil. Jika biasanya kita harus naik motor hanya untuk berbelanja di mini market, coba ganti dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Begitu juga ketika berkendara, jika bisa naik kendaraan umum, kurangi membawa mobil sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here