Mengapa Rasa Makanan di Pesawat Terasa Aneh?

0
1039
Rasa Makanan di Pesawat Terasa Aneh. Itjeher.com
Rasa Makanan di Pesawat Terasa Aneh. Itjeher.com

Apakah kamu sering merasa bahwa rasa makanan di pesawat aneh? Sebagian banyak orang merasakan hal yang sama. Hal ini memang biasa terjadi, dan ternyata memiliki alasan yang masuk akal. Seorang ahli menjelaskan, bahwa suhu udara berpengaruh pada hal ini.

Saat suhu udara dingin di dalam pesawat yang sedang berada di darat maupun di udara, bumbu-bumbu yang terdapat di makanan tidak akan terlalu berasa. Tekanan udara di dalam kabin menurunkan kadar oksigen di dalam darah sehingga mengurangi kemampuan indera perasa.

BACA JUGA:

Challenge Instagram Sheryl Sheinafia Ajak Kurangi Sampah Plastik

Eko Nugroho Kembali Menampilkan Karyanya di Taipei

Kelembapan udara yang amat rendah membuat saluran hidung dan tenggorokan menjadi amat kering sehingga mengurangi kemampuan mencium bau dan kepekaan rasa. Selain kemampuan indera penciuman yang berkurang, latar berkang suara pesawat yang bising membuat pengalaman makan menjadi tidak selezat biasanya.

Sebuah penelitian juga menemukan, rasa garam akan berkurang sekitar 20 hingga 30 persen ketika berada di ketinggian. Begitu juga dengan rasa gula yang berkurang 15 hingga 20 persen di atas udara. Namun, beberapa rasa, seperti rasa pedas dan rasa gurih akan terasa sama di atas ketinggian pesawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here