Makanan Pedas dapat Melukai Dinding Rahim dan Lambung

0
2895

Indonesia merupakan negara yang kaya kuliner yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia, bahkan banyak sekali warga negara asing yang sangat menyukai masakan Indonesia. Salah satu yang menjadi ciri dari masakan indonesia yaitu masakan pedasnya terutama sambal sebagai tambahan makanan pokok.

Selain itu, makanan Indonesia kaya akan rempah serta rasa yang pedas. Sehingga semua orang pasti setuju bahwa makanan pedas sangatlah lezat. Selain itu makanan pedas pun akan memberikan sensasi tersendiri yang bisa membuat kita merasa puas setelah memakannya.

Sambal sudah menjadi bagian hidup masyarakat di Indonesia dalam menikmati makanan. Kebanyakan lidah orang Indonesia menganggap makan tanpa sambel terasa belum lengkap atau hambar.

Saat ini banyak bermunculan restoran atau rumah makan yang menyediakan makanan pedas dengan berbagai macam level ( level 1 sedikit pedas hinga level 5 sangat pedas) sebagai menu utamanya. Salah satu contoh yang ada di kota Jakarta adalah Recheese Factory,  Mie Abang Adek, Seblak Jeletet, serta mie instant Samyang.

BACA JUGA :

Manfaat Menyantap Durian yang Wajib Diketahui

Bunga yang Bisa Dimakan Ini Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Gangguan Pencernaan. Foto : Pixabay
Gangguan Pencernaan. Foto : Pixabay

Namun apa kamu sudah tahu dampak yang terjadi apabila sering mengonsumsi makanan pedas ini ?

Dampak yang terjadi ketika sehabis makan makanan pedas sangatlah berpengaruh pada kesehatan manusia. Banyak kasus dan berita yang didapatkan terkait dengan makanan pedas ini berasal dari kota Jakarta, karena tingkat kuliner di kota Jakarta sangat besar. Kesannya memang tidak berbahaya, namun siapa sangka dapat berakibat fatal pada tubuh kita. Antara lain :

  • Memakan makanan yang sangat pedas dapat mempengaruhi pencernaan manusia yang mengakibatkan timbulnya penyakit maag dan asam lambung.
  • Sering memakan makanan pedas bisa mengalami ketulian sementara kerena mendapatkan stimulus yang berlebihan pada saraf trigeminal, yaitu saraf pada bagian mulut dan wajah yang berhubungan dengan saraf koklea di dalam telinga.
  • Karakter cabai yang memiliki efek panas dapat membuat lambung menjadi luka, terkikis, berlubang dan timbul peradangan secara bertahap yang dapat menyebabkan munculnya rasa mual, nyeri, melilit, perut kembung dan berpotensi menyebabkan diare.
  • Zat aflatoksin pada cabai mampu merusak dinding hati dan usus besar jika berlebihan. Bahaya cabai lebih banyak terletak pada rasa panas yang bersifat menggerus yang dapat mudah menembus dinding hati dan usus besar sehingga menyebabkan seseorang terserang kesulitan buang air besar.
  • Efek panas pada cabai cenderung menyebabkan kelenjar keringat menjadi lebih aktif untuk memproduksi keringat. Keringat berlebih dapat memicu munculnya bau badan tidak sedap.
  • Untuk perempuan yang ingin atau sedang melakukan program untuk hamil sebaiknya menghindari atau mengurangi asupan cabai yang berlebihan. Efek panas cabe yang berlebihan dapat mengiritasi dinding rahim, merusak saluran telur dan menggagalkan pembuahan sperma terhadap sel telur yang seharusnya sudah siap untuk dibuahi dengan normal.
Mulai sekarang, hindari mengonsumsi makanan pedas yang berlebihan dan disaat perut kita kosong. Dan cara mudah yang bisa kamu lakukan pada saat perut terasa perih adalah dengan minum susu. Pasalnya senyawa capsaicin dalam cabai yang berbahan dasar minyak  tidak akan bisa dihilangkan hanya dengan air. Susu mampu mengikat capsaicin dan mengeluarkan senyawa penghasil panas dari mulut.

Ditulis oleh : Putri Anisah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here