Memilih Sedotan Ramah Lingkungan, Alumunium atau Bambu?

0
1914
Minuman Kopi dengan Sedotan Alumunium. Itjeher.com
Minuman Kopi dengan Sedotan Alumunium. Itjeher.com

Isu mengganti sedotan plastik dengan material yang lebih ramah lingkungan sudah banyak dijalani oleh masyarakat. Di antaranya, terdapat pilihan material alumunium atau pula bambu yang paling populer.

Selain itu, ada pula sedotan kertas dan juga kaca. Namun dua pilihan pertama paling sering dijual di toko-toko. Jika kamu masih menimbang memilih salah satu, berikut beberapa kelebihan dan kekurang sedotan dari bahan alumunium dan bambu yang bisa dipaparkan.

BACA JUGA:

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Mengolah Telur

Miss Universe 2018 Memuji Budaya Indonesia

Sedotan alumunium

Keuntungan menggunakan sedotan alumunium ada beberapa, di antaranya material ini kuat dan memungkinkan orang bisa menikmati jus jeruk langsung dari buahnya  dan tidak mempengaruhi rasa produk yang dikonsumsi. Sedotan pun awet meski dibawa bepergian. Selain itu, bahan ini termasuk aman karena bebas BPA (bisphenol A) atau bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Bahan ini juga mudah dibersihkan dan tahan lama.

Namun, ada kekurangan yang harus diketahui. Bahan ini cepat menghantar panas, sehingga tidak cocok untuk mengonsumsi cairan panas.

Sedotan bambu

Ada jenis bambu mini dan bisa dimanfaatkan sebagai sedotan. Bahan ini pun lebih ringan jika dibandingkan dengan sedotan alumunium maupun kaca. Keuntungannya bahan ini mudah dibersihkan, dengan atau tidak memakai sikat karena lubangnya cukup besar. Sedotan ini juga bisa digunakan untuk minuman berampas serta ringan dan mudah dibawa. Namun, perlu dipertimbangkan bahwa sedotan ini sedikit memberikan rasa bambu atau kayu pada minuman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here