Cara Hidup Lebih Hemat Air dari Dapur

0
1912
Foto : Pixabay itjeher.com
Foto : Pixabay itjeher.com

Hemat air jadi keputusan yang sangat penting di tengah banyaknya masalah lingkungan hidup yang sedang dihadapi oleh bumi kita. Walau sekarang terasa melimpah dan sering tidak dipedulikan karena alasan kebutuhan, konsumsi air yang berlebih ini akan menyimpan bahaya bagi anak cucu kita kelak.

Karenanya lebih baik tanamkan kebiasaan hemat air sejak dari sekarang. Banyak keputusan yang bisa kamu ambil untuk mendukung aksi ini, mulai dari yang kecil seperti pada kegiatan dapur sehari-hari.
  1. Minum dari Botol

Tempatkan air di dalam botol besar agar tak perlu terus menerus mencuci gelas yang sudah terpakai. Cara ini juga membantu kamu untuk mengawasi sudah berapa liter air yang diminum dalam satu hari.

BACA JUGA :

Rasakan sensasi tinggal di Jepang hanya di Kemang

Selamat Ulang Tahun Plaza Indonesia

Menyediakan Masakan Cepat Saji yang Sehat

  1. Berbagi dengan Tanaman

Jika ada sisa air yang tak akan digunakan lagi, lebih baik buang ke tanah pada tanaman. Air sisa ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

  1. Pakai Secukupnya

Saat memasak dengan cara merebus atau mengukus sesuatu, banyak yang terbiasa menggunakan air lebih banyak daripada seharusnya. Padahal memasak air terlalu banyak tak hanya memboroskan air namun juga listrik. Karena itu, selalu pakai air secukupnya.

  1. Cara Cuci Sayuran

Hemat air itu penting, tapi mencuci sayuran sebelum dikonsumsi juga penting. Kamu bisa mencuci sayur di dalam wadah daripada dengan air mengalir. Air sisa yang tertinggal di wadah kemudian dapat digunakan kembali untuk banyak hak.

 

  1. Cara Cuci Piring

Hindari membasuh piring terlebih dahulu sebelum dicuci hanya untuk ditinggalkan di dalam sink. Kebiasaan ini tentu membuang-buang air. Selalu buang sisa makanan terlebih dahulu ke dalam kotak sampah, lalu segera cuci piring dengan air secukupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here