Menumbuhkan Rasa Cinta Buku Pada Anak

0
1917
Budaya Baca Buku Pada Anak. itjeher.com
Budaya Baca Buku Pada Anak. itjeher.com

Memang benar, buku kini tidak menjadi salah satu media sebagai sebuah jendela ilmu. Namun kebiasaan membaca buku yang ditanam sejak kecil membuat perkembangan otak bertumbuh dengan baik. Selain itu, membaca buku menurut ahli dapat membuat seseorang menjadi lebih sabar dan lebih dalam saat menyerap informasi.

Bagaimana menumbuhkan rasa cinta dalam membaca buku sejak dini pada anak-anak? Berikut beberapa tips yang bisa para orang tua lakukan.

Menceritakan isi buku dengan proaktif

Membacakan buku ke anak kecil tidak sama halnya dengan membaca buku di depan orang dewasa. Orangtua harus bisa memiliki imajinasi tinggi, agar si anak dapat tertarik saat membaca buku bersama.

Menjadikan rutinitas

Membuat kebiasaan membaca buku di waktu yang sama membuat anak kecil menjadi buku sebagai sebuah rutinitas yang lama-kelamaan akan dia sukai. Misalnya buat sesi membaca buku sebelum tidur atau saat pagi hari.

Memberi contoh

Anak akan melihat dan mencontoh orang yang berada di sekitarnya. Maka itu, membaca buku juga wajib dilakukan oleh orangtua agar si anak melihat kebiasaan tersebut sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan.

Sesuaikan dengan umur

Jangan pula memberi buku penuh tulisan bagi anak balita. Sesuaikan dengan umur dan perkembangan anak untuk membuat si kecil tertarik membaca buku. Jika dirinya masuk pada tahapan yang menyukai aktivitas, buku dengan banyak permainan dan interaksi juga amat cocok.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here