Khasiat Tempe yang Kaya Zat Gizi

0
1337
manfaat tempe
manfaat tempe

Makanan khas Indonesia ini sudah menjadi menu wajib yang dikonsumsi banyak orang. Hasil olahan kacang kedelai ini tidak hanya gurih rasanya, namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya kesehatan jantung.

Oleh sebab itu tempe banyak direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat. Dalam 100 gram tempe atau dua potong tempe mengandung 19 gram protein. Jumlah tersebut memenuhi 34% kebutuhan protein harian orang dewasa.

Bisa dilihat bahwa kandungan protein pada tempe dapat disetarakan dengan kandungan dalam daging, malah lebih banyak mengandung protein. Kandungan nutrisi pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik yang dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh.

BACA JUGA :

Diet Okinawa yang Sehat Berasal dari Jepang

Mencampur Cuka Apel ke Air Mandi Ternyata Banyak Manfaatnya!

Selain itu, tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan akt retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging.

Manfaat lainnya, tempe dapat meningkatkan komunikasi sel otak. Karena satu porsi tempe dapat mencukupi kebutuhan mineral mangan dan tembaga harian. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan inflamasi, dapat meningkatkan kesehatan jantung manusia dan menangkal radikal bebas.
Bahkan penelitian yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, menyatakan bahwa kalsium yang ada dalam empat potong tempe dapat disandingkan dengan susu sapi.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here