Pentingnya Zat Besi Untuk Petumbuhan Anak

0
1243
Memenuhi Kebutuhan Zat Besi. itjeher.com
Memenuhi Kebutuhan Zat Besi. itjeher.com

Zat besi adalah salah satu nutrisi penting untuk pertumbuhan anak. Zat ini bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, sehingga kekurangan zat ini sangat berbahaya untuk perkembangan tubuh anak.

Kebutuhan zat besi pada setiap anak berbeda-beda dan tergantung usia. Namun rata-rata, anak membutuhkan 7-15 mg zat besi di dalam satu hari.

Apa yang terjadi jika seorang anak kekurangan zat ini? Ada beberapa gejala yang bisa dilihat antara lain kulit yang pucat, kelelahan, perkembangan melambat, nafsu makan kurang, pernapasan tidak normal, hingga sering terkena infeksi.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah anak kekurangan zat ini? Berikut beberapa paparannya.

BACA JUGA:

Moschino dan The Sims Rilis Koleksi yang Bisa Jadi Ikon Era Kini

Topshop Rilis Sepatu Vegan yang Peduli Lingkungan

Konsumsi makanan kaya zat besi

Sumber zat besi bisa didapatkan dari beragam bahan makanan. Misalnya daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan, hingga sayuran hijau.

Mengurangi minum susu dan teh

Konsumsi susu dan teh yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat besi pada anak. Anak berusia 1-5 tahun disarankan untuk mengonsumsi susu tidak lebih dari 710 ml setiap harinya agar tidak mengganggu penyerapan zat besi.
Konsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menyerap zat besi lebih banyak. Vitamin C ini bisa didapatkan dari buah jeruk, pepaya, stroberi, tomat, dan sayuran hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here