Mengenal Diet Mediterania yang Dinobatkan sebagai Diet Terbaik di Dunia

0
1008
diet mediterania
diet mediterania

Diet yang satu ini merupakan diet yang terinspirasi dari gaya hidup sehat orang-orang Mediterania, seperti Italia, Yunani dan Spanyol. Bahkan menurut penilaian dan analisis para ahli US News and World Report,  diet ini berhasil menduduki peringkat teratas untuk kesehatan dan kebugaran.

Diet Mediterania merupakan diet yang fokus pada makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Diet ini sangat jarang mengonsumsi gula dan tepung, lemak, dan daging. Sumber protein berasal dari ikan, telur, susu, dan unggas.

BACA JUGA :

Pentingnya Zat Besi Untuk Petumbuhan Anak

Diet Okinawa yang Sehat Berasal dari Jepang

Metode ini mengharuskan kamu mengonsumsi whole food dan menghindari produk makanan olahan. Whole food adalah makanan yang diolah dari bahan-bahan segar. Bukan produk dalam kemasan maupun yang dibekukan. Misalnya saja jus yang terbuat dari sayur dan buah segar yang diblender, bukan yang sudah siap saji dalam kemasan kotak atau botolan.

Diet Mediterania terbukti ampuh mengurangi berat badan, risiko diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Diet ini juga dapat meningkatkan kekuatan tulang, kesehatan otak, serta mencegah depresi dan demensia.

Berikut kiat yang musti dilakukan dalam menjalankan diet ini :

  1. Diet ini mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman seperti buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanlah beragam jenis sayuran untuk mendapatkan nutrisi yang beragam pula bagi tubuh. Masaklah sayuran ini dengan menggunakan minyak zaitun murni.
  2. Pada diet Mediterania, ikan dan makanan laut dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu. Sementara keju dan yogurt dikonsumsi setiap hari.
  3. Sebenarnya tak ada larangan untuk daging. Namun, jika Anda menginginkannya, makanlah dalam jumlah sedikit. Untuk menyiasatinya, gunakan potongan kecil daging merah dan ayam sebagai campuran sayur untuk tumisan.
  4. Hindari makanan dan minuman olahan. Minumlah air putih sebanyak mungkin dan beberapa jus buah segar seperti jeruk yang diperas atau diblender sendiri, bukan jus kemasan yang dijual di mini market.
  5. Sarapan di pagi hari sangat wajib. Pilih yang sehat, seperti buah-buahan segar seperti nanas, stroberi, apel, pir, atau jeruk. Namun hindari pisang dan anggur karena mengandung gula dan karbohidrat cukup tinggi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here