Yuk ! Mencoba Olahraga Plogging yang Sehat bagi Tubuh dan Lingkungan

0
2160
Foto : dok.Inews.co.uk
Foto : dok.Inews.co.uk

Olahraga lari atau dikenal dengan jogging sudah menjadi rutinitas kebanyakan orang. Namun kini ada satu jenis olahraga baru yang sedang tren. Yaitu plogging. Uniknya, selain membuat tubuh lebih sehat dan fit, olahraga ini juga bisa membantu menyelamatkan lingkungan dan tentu saja bumi.

Plogging adalah gabungan dari bahasa Swedia “plocka upp” yang artinya mengambil dan joging. Kegiatan plogging pada dasarnya sama dengan joging, tetapi disertai dengan kegiatan memungut sampah. Menyenangkan ya !

Tidak perlu menjadi pelari profesional bila ingin mencobanya. Caranya, tinggal jogging seperti biasa, tapi sambil lari kamu diharuskan memungut sampah yang kamu temui di jalan. Kamu juga mesti membawa kantong buat tempat sampah yang kamu pungut.

BACA JUGA :

Olahraga Ini Bisa Meredakan Depresi

Mengenal Diet Mediterania yang Dinobatkan sebagai Diet Terbaik di Dunia

Kegiatan plogging ini awalnya dimulai oleh masyarakat di Swedia pada tahun 2016, tetapi tren olahraga ini menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui media sosial. Sekarang kegiatan ini sudah banyak dilakukan oleh banyak negara seperti Amerika, Perancis, dan Jerman.

Kegiatan plogging memberikan efek yang lebih menyehatkan dibanding joging biasa. Karena dengan gerakan ekstra ketika mengumpulkan sampah, seperti berhenti berlari, jongkok untuk mengumpulkan sampah, berdiri kembali, dan melanjutkan jogging, tentunya akan memberikan efek yang berbeda.

Bahkan sebuah aplikasi kesehatan bernama Lifesum mencatat bahwa melakukan kegiatan plogging selama 30 menit bisa membakar 288 kalori. Dibandingkan dengan joging biasa yang membakar 200 kalori setiap 30 menit untuk orang berukuran sedang.
Nah, dengan melakukan kegiatan ini, tentunya kamu memberi contoh yang baik untuk teman-teman lainnya. Dan karena kegiatan ini masih cukup jarang di Indonesia,bisa saja justru kamu yang menjadi pelopor kegiatan ini di daerahmu. Yuk coba !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here