Olah Napas Secara Rutin dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

0
1839
olah napas
olah napas

Secara teoritis, olah napas berhubungan dengan darah dari oksigen. Oleh karena itu, tubuh memerlukan oksigen untuk menjalankan sistem di dalamnya. Setidaknya tubuh bernapas 20.000 kali dalam sehari. Namun seringkali kita tidak menyadari saat proses pernafasan terjadi. Padahal, jika kita memberi sedikit perhatian pada proses pernapasan akan membawa pengaruh positif bagi kesehatan.

Selain membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stress, pernafasan yang baik dapat mengurangi rasa sakit. Dan cara mudah untuk mendapatkannya adalah dengan cara melatih pernapasan. Tabib legendaris asal negerti tiongkok, Khe HUng, dalam kitab ketabiban yang terkenal di shanghai abad ke 3 (281-361 M), mengungkapkan “Jika manusia mempraktekan pernapasan secara sempurna (volume nafas besar), mereka akan bebas dari penyakit. Bila mereka sering gerak badan, mereka tidak mudah menjadi tua.”

BACA JUGA :

Lakukan Green Gym yang Membakar Kalori dan Menyelamatkan Lingkungan

Yuk ! Mencoba Olahraga Plogging yang Sehat bagi Tubuh dan Lingkungan

“ Tubuh manusia berada dalam udara, dan udara berada dalam tubuh manusia. jadi udara merupakan makanan utama bagi kehidupan manusia. bagi mereka yang mahir dan dapat mengusai teknik pernapasan selain badanya sehat, terhindar dari berbagai penyakit, serta kuat menahan lapar, ia juga akan dapat mencapai usia yang panjang, tambahnya.”

Ada 3 macam olahraga yang direkomendasikan bagi orang yang ingin melatih pernapasannya, yaitu :

  1. Lari

Ketika kamu melakukan latihan kardio, maka 80 persen latihan kardio Anda dilakukan oleh diafragma. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brunel University, memperkuat diafragma dapat memaksimalkan kinerja sistem pernapasan Anda yang dapat juga meningkatkan stamina dan menambah daya tahan tubuh. Tips yang pertama adalah melakukan pernapasan terkoordinasi, yaitu menarik dan mengeluarkan napas dalam dua hitungan, atau pola dua-dua. Setelah melakukan pola dua-dua, lakukanlah pola tiga-tiga hingga pola empat-empat.

  1. Berenang

Berenang memang salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia. Mengapa? Karena olahraga ini rileks, dan memiliki segudang manfaat. Sebagian orang akan merasa enjoy ketika melakukan olahraga renang. Melakukan olahraga renang yang benar memang perlu latihan, terutama latihan pernapasan juga. Banyak orang yang mengeluh tidak dapat melakukan teknik pernapasan dengan benar sehingga teknik renangnya pun menjadi tidak benar.

  1. Bersepeda

Bersepeda pada dasarnya juga dapat melatih pernapasan. Satu dorongan panjang ketika bersepeda, tariklah napas kamu secara cepat dan dalam lalu keluarkan secara perlahan. Jika kamu melakukan kegiatan ini setiap hari, maka kapasitas paru-paru juga dapat semakin tinggi dan sistem pernapasan  dapat bekerja dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here