Cara Mencuci Pakaian yang Lebih Ramah Lingkungan

0
1138
Foto : Jennie Blackpink itjeher.com
Foto : Jennie Blackpink itjeher.com

Menerapkan hidup yang ramah lingkungan sepenuhnya ternyata tak begitu mudah di masa kini. Bahkan cara mencuci pakaian yang biasa dilakukan setiap hari dalam daftar pekerjaan rumah tangga juga berpengaruh bagi lingkungan yang baik.

Jika selama ini banyak yang menuding pabrik tekstil sebagai tersangka pembuangan limbah yang merugikan lingkungan. Nyatanya menurut Fashion Revolution, 25% jejak karbon masih dihasilkan oleh cara pengguna pakaian merawat produk, sementara 75% adalah jejak karbon dari pabrik.

25% tak bisa dikatakan sebagai angka yang kecil. Konsumen juga memiliki tanggung jawab dalam merawat pakaian agar tetap tak memberi dampak negatif bagi lingkungan. Salah satunya adalah dengan mempraktekkan cara mencuci pakaian yang lebih tepat.

Ini yang perlu diperhatikan!

  1. Jangan cuci terlalu sering

Jika pakaian masih terasa bersih dan laik untuk digunakan lebih dari sekali, maka tak perlu dicuci. Lagipula mencuci terlalu sering akan membuat warna baju cepat kusam sehingga usia pemakaiannya semakin pendek. Mencuci lebih jarang juga membuat baju terhindar dari penyusutan bentuk. Cuci baju dengan air dingin dalam jumlah yang banyak sekaligus untuk meminimalisir terbuangnya air.

BACA JUGA :

Sepatu Sneakers Custom dari Dior

  1. Serat alami lebih baik dicuci

Ternyata material serat alami pada pakaian akan berpengaruh saat dicuci. Baju yang terbuat dari campuran polyester atau plastik, bahannya berpotensi tergerus menjadi mikroplastik yang tak larut di air. Pertimbangkan untuk memilih baju dari serat alami karena saat dicuci serat tersebut menyatu dengan lingkungan.

  1. Pakai kantong pencuci ramah lingkungan

Coba cara mencuci pakaian dengan menggunakan kantong pencuci ramah lingkungan. Jika baju yang dicuci dimasukkan ke dalam wadah berbentuk kain ini, maka mikroplastik yang harusnya mengalir bersama air akan tersangkut di kainnya. Salah satu kantong pencuci ramah lingkungan yang paling dikenal adalah Guppyfriend, yang merupakan label buatan Australia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here