Tips Agar Tidak Tertular Cacar Monyet

0
1568
Tips Menghindari Cacar Monyet. Itjeher.com
Tips Menghindari Cacar Monyet. Itjeher.com

Penyebaran penyakit cacar monyet baru saja ditemukan di Singapura. Sebagai salah satu negara tetangga paling dekat dengan Indonesia, hal ini tentunya mengkhawatirkan banyak orang. Apalagi belum ada pencegahan atau vaksin di Indonesia.

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Orthopocvirus. Virus ini menular lewat kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau lesi pada kulit atau mukosa dari hewan yang membawa virus. Hewan seperti monyet, tikus, gambia, dan tupai sering ditemukan terinfeksi virus ini.

BACA JUGA:

Ngabuburit dengan Podcast Baru dari Joox

Aplikasi Smartphone untuk Puasa di Bulan Ramadan

Bagaimana cara mencegah terkena virus cacar monyet? Berikut beberapa tips yang dinyatakan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia.
1. Cuci tangan dengan sabun
2. Menghindari kontak langsung dengan tikus atau primata
3. Membatasi paparan langsung dengan darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik
4. Menghindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau material yang terkontaminasi
5. Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengonsumsi daging yang diburu dari hewan liar

Selain itu, bagi masyarakat yang baru kembali dari Afrika Tengah dan Barat, disarankan memeriksa kondisi kesehatan. Bila dalam waktu kurang dari tiga pekan setelah kembali dari wilayah tersebut dan mengalami gejala berupa demam tinggi, pembesaran kelenjar getah bening, dan ruam di kulit, segera informasikan ke petugas kesehatan dan memberi tahu riwayat perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here