Pola Makan Sehat Selama Puasa Agar Berat Badan Tidak Naik

0
4079

Puasa di Bulan Ramadan terkadang justru membuat berat badan semakin bertambah. Hal ini telah menjadi problema banyak orang, karena pola makan yang tidak seimbang menyebabkan timbangan terus bertambah.

Sebenarnya bagaimana pola makan yang benar saat puasa? Ternyata ada beberapa trik yang harus dilakukan agar pola makan tetap sehat dan tidak berlebihan.

BACA JUGA:

Jangan Lewatkan Uniknya Indomie Rasa Chitato
5 Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan pada Saat Puasa

Yang harus diperhatikan, adalah kualitas makanan pada saat sahur. Ini menjadi bagian penting karena makanan di saat sahur yang akan memenuhi kebutuhan energi seseorang untuk beraktivitas seharian.

Jika kamu melewatkan sahur, biasanya orang cenderung lemas dan makan besar-besaran pada saat buka puasa. Penuhi kebutuhan protein, serat, dan juga cairan pada saat sahur. Bila perlu, hindari makanan cepat saji dan memiliki nutrisi lebih kecil.

Selain itu, konsumsi makanan manis secukupnya sebagai takjil berbuka puasa. Fungsi makanan manis di sini hanya diperlukan agar gula darah tubuh kembali normal dan memberi energi setelah tubuh menjalani puasa seharian. Jika dikonsumsi berlebihan, tubuh justru akan mudah lemas dan mengantuk. Jangan lupa ganti juga cairan tubuh yang hilang dengan meminum air mineral sesaat setelah buka puasa. Setelah beberapa saat, baru konsumsi makanan berat untuk memenuhi kebutuhan energi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here