Tips Mengajarkan Anak Puasa

0
4579
Anak. Itjeher.com

Puasa merupakan ibadah wajib yang dilakukan umat Islam di bulan Ramadan. Maka itu, mengajarkan anak-anak untuk menjalani ibadah ini amat penting dilakukan. Namun, masih banyak orangtua yang bingung, dari mana memulainya?

Sebaiknya anak mulai diperkenalkan dengan bangun subuh untuk sahur. Selain itu, cara lain memperkenalkan puasa adalah dengan mengajak tarawih. Lalu, secara perlahan orangtua juga bisa mengajak puasa walau belum penuh satu hari.

BACA JUGA:

Khloe Kardashian Rancang Koleksi Baju untuk Para Mama

The Ordinary Rilis Masker Wajah Baru untuk Atasi Jerawat

Yang penting, orangtua harus menjelaskan tentang konsep puasa secara betul, agar anak tidak salah tangkap. Dengan mengetahui asal muasal manusia harus berpuasa, otomatis ia akan mengerti bahwa puasa menjadi salah satu ibadah, bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus.

Bagi para orangtua yang ingin mengajak anak untuk puasa, komposisi gizi amat penting untuk diperhatikan. Pastikan anak dan orang dewasa memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral secara seimbang saat sahur dan buka puasa.

Poin yang juga penting adalah tidak memaksakan diri. Sebaiknya orangtua memberi pemahaman pada anak dan tanda-tanda ketika tubuh sudah tidak kuat puasa. Biasanya, anak kecil belum sadar bahwa tubuhnya sudah tidak kuat terhadap kondisi menahan lapar dan haus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here