Cegah Dehidrasi dengan Buah Lontar

0
1354

Meskipun puasa sudah berlangsung sebulan yang lalu, namun tubuh kita sudah banyak kehilangan cairan. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah mengonsumsi buah lontar yang bermanfaat untuk tubuh dan mengatasi dehidrasi.

Bila mengigit buah lontar ini, kamu akan menemukan cairan didalam yang segar seperti buah kelapa. Buah ini merupakan jenis tanaman palma. Di dalam 100 gram buah lontar, 90 persennya terdiri dari air atau sekitar 90 gram air (90 mililiter air).

BACA JUGA :

Makanan Ini Bisa Optimalkan Kerja Otak Kamu

Buah yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Daging buahnya dapat dimakan langsung atau menjadi campuran dalam sajian minuman segar atau makanan. Selain rasanya yang segar dan manis, buah lontar juga memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain :

  • Dapat melancarkan pencernaan. Didalamnya terkandung serat peptin. Yang mana serat ini ketika sampai di usus besar akan difermentasi dengan bakteri baik membentuk asam lemak rantai pendek yang berfungsi untuk regenerasi sel.
  • Beberapa kandungan gizi lontar yaitu vit A, vit B, vit C, mineral seng, kalium, zat besi, kalsium, serat, protein dan karbohidrat
  • Baik bagi penderita diabetes. Buah lontar memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah pada suatu bahan makanan. Selain itu, ekstrak akar lontar juga mampu mengendalikan kadar gula darah.
  • Sebagai antibiotik alami, karena terdapat enzim yang dipercaya dapat berperan sebagai antibiotik bagi tubuh.
  • Baik bagi kesehatan ginjal. Fosfor yang terkandung pada lontar dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here