Memilih Madu Manuka Sesuai Fungsinya

0
1027
FOTO : Instagram/pexels Itjeher.com
FOTO : Instagram/pexels Itjeher.com

Madu manuka yang berasal dari New Zealand terkenal dengan manfaatnya yang disebut efektif untuk menjaga kesehatan. Fungsinya berasal dari kandungan nutrisi yang sangat kaya hingga jika dikonsumsi mampu meningkatkan imunitas tubuh. Karenanya tak heran harga madu yang satu ini bisa berkali lipat lebih mahal daripada madu biasanya.

Banyak yang menyimpan madu manuka sebagai persediaan penangkal sakit ketika kesehatan mulai terasa menurun, atau penjaga stamina saat akan melakukan kegiatan ekstra seperti bepergian. Namun untuk yang baru pertama kali membelinya, spesifikasi madu ini mungkin terlihat lebih membingungkan.

Ada berbagai macam tingkatan madu manuka, dan semua memiliki fungsi masing-masing. Untuk yang ingin menggunakan madu manuka sebagai pemanis minuman yang bernutrisi, maka madu dengan tingkatan rendah tak jadi masalah. Begitupun untuk perawatan anti penuaan untuk masker, pelembap, atau meredakan iritasi kulit.

BACA JUGA :

Alas Kaki Serba Transparan

Berburu Sunset di Candi Plaosan

Tips Bersepeda Khusus untuk Perempuan 

 

Namun jika ingin menggunakan madu manuka sebagai penyembuh cermati nilai UMF (Unique Manuka Faktor) atau MGS nya. Ini adalah standarisasi internasional untuk menjamin kemurnian dan kualitasnya. Semakin tinggi angka pada UMF maka akan semakin tinggi pula zat anti bakteri di dalamnya. Pilih UMF 5 hingga 10 untuk anak-anak, dan diatas 10 untuk orang dewasa agar efektif mengobati.

Selain UMF, ada juga istilah MGO (methylglyoxal) sebagai pengukur kadar kualitas madu manuka. Jika UMF digunakan secara internasional, maka MGO merupakan sertifikat bagi madu asli dari New Zealand.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here