Waspada Obesitas Pada Anak Bertubuh Gemuk

0
673
Ilustrasi Bayi. Itjeher.com
Ilustrasi Bayi. Itjeher.com

Anak bertubuh gemuk terkadang membuat orang di sekitarnya gemas. Selain karena lucu, anak yang berisi memang amat imut dan menarik perhatian. Namun, sebaiknya kondisi tubuh anak yang gemuk harus waspada dengan bahaya obesitas.

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mengancam kesehatan si kecil. Mulai dari penyakit jantung hingga risiko masalah pernapasan patut diwaspadai. Apa saja penyakit yang mengancam ketika si kecil kelebihan berat badan?

BACA JUGA:

Sanggar Aktor Cilik Indonesia menampilkan Drama Terbaru

Mengatasi Anak Penakut dengan Mengubah Cara Berbicara

Diabetes

Risiko diabetes lebih besar menjadi salah satu yang yang perlu diwaspadai pada anak obesitas. Para ahli menyebutkan jika tubuh gemuk anak membuat tubuhnya kesulitan mencerna asupan glukosa dengan optimal sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Jantung

Banyaknya lemak yang menumpuk di tubuh, ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung anak. Maka itu, penelitian menemukan jika anak dengan tubuh gemuk sangat berisiko menderita penyakit jantung atau gangguan jantung.

Asma

Penelitian yang dimuat dalam Asthma Research and Practice Journal menemukan bahwa sekitar 38% penderita asma adalah penderita obesitas. Kegemukan pada anak juga harus waspada dengan gangguan pernapasan yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here