Kapan Anak Mulai Diberikan Pendidikan Seks?

0
423
Anak dan Ibu. Itjeher.com

Pendidikan seks pada anak terkadang bukan topik yang ingin dibahan oleh para orangtua. Selain canggung, topik yang satu ini masih dianggap tabu oleh sebagian besar orang. Padahal, hal yang satu ini amat penting untuk dilakukan edukasi sejak awal, agar anak dapat memahami seks secara bijak.

Menurut ahli, pendidikan seks kepada anak-anak bisa membuat pengertian yang menyeluruh. Selain itu, anak-anak jadi lebih mengerti bahwa seseorang harus benar-benar siap secara pribadi dan jasmani ketika melakukan aktivitas tersebut.

BACA JUGA:

Memesan Setelan Jas Lewat Aplikasi Stevano Brill

Resep Nasi Goreng Ikan Asin yang Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Kurangya pendidikan sejak awal, membuat anak-anak yang sudah beranjak dewasa mencoba-coba sendiri. Hal ini membuat mereka menjadi kurang bijak dan tidak memikirkan akibat-akibat yang bisa dialami ketika menjalani hubungan antara pria dan wanita.

National Institute for Health and Clinical Excellece(NICE) menyaranakan para orangtua untuk memberikan pendidikan seks seja anak mulai menginjak usia lima tahun. Pendidikan yang diberikan juga harus bertahap. Bisa dimulai dengan menjelaskan bagaimana menjalin pertemanan dan persahabatan dengan teman-teman terutama lawan jenis, bagaimana harusnya ia bersikap, menjaga sopan santun, berkata-kata baik dan bagaimana ia menghargai juga menghormati satu sama lain.

Saat memberi penjelasan, gunakan bahasa yang mudah dimengerti pada anak. Kenalkan organ seksual sejak dini, dan bagaimana cara merawat serta menjaga area tersebut secara baik dan benar. Jangan pula terapkan norma-norma yang ada sesuai budaya dan kepercayaan, agar anak mengerti bahwa mereka harus menjaga tubuh mereka dengan baik dan benar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here