Redakan Nyeri Lutut Secara Alami dengan Air Hangat

0
949
Foto : Pixabay Itjeher.com
Foto : Pixabay Itjeher.com

Nyeri lutut jadi masalah yang umum dialami, biasanya terjadi akibat melakukan pekerjaan fisik yang berat atau sekedar baru mencoba lagi berjalan dan berlari dalam jarak yang cukup jauh. Bahkan seiring bertambah usia, terkadang penyakit ini bagai datang tanpa sebab dan mengganggu kenyamanan beraktivitas.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri lutut. Salah satu cara yang paling alami dan mudah diterapkan adalah dengan berendam di air hangat.

Cara ini memang paling tradisional, namun terbukti paling efektif. Menurut therapist Carol Huegel, air dapat mengurangi gravitasi yang memberi tekanan pada lutut. Sehingga ligament di lutut menjadi lebih renggang dan rileks.

BACA JUGA :

Koleksi Tangan Terbaru Bertujuan Menyoroti Isu dan Fenomena Terkini

Listrik padam? Cabut Kabel Alat Elektronik Berikut ini

Humidifier Bisa Bantu Atasi Batuk dan Pilek Si Kecil

Air hangat secara alami akan melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi inflamasi. Bahkan jika dibanding dengan heating pad atau bantalan hangat yang biasa digunakan sebagai kompres, air hangat lebih mudah melakukan penetrasi ke bagian yang nyeri.

Tapi ingat, jika ingin segera berendam pastikan air yang digunakan hanga yaitu sekitar 92 derajatt, tidak panas. Jika air terlalu panas akan berbahaya bagi kesehatan jantung. Saat berendam, lakukan pijatan ringan di bagian nyeri lutut hingga perlahan terasa nyaman.

Menambah garam di air rendaman juga akan mempercepat penyembuhan nyeri lutut, mengingat garam mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan tulang. Berendamlah selama 20 menit, dan rasakan perbedaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here