Mengatasi Sifat Anak yang Kurang Percaya Diri

0
793

Rasa percaya diri memang tidak bisa timbul dari lahir. Terkadang, lingkungan tempat bertumbuh hingga pendidikan dari keluarga yang bisa menimbulkan sifat tersebut. Padahal, sifat percaya diri atau pede ini, bisa menjadi bekal yang baik di waktu dewasa.

Maka itu, ketika si kecil terlihat selalu tidak pede saat berada di sebuah kelompok, orangtua pasti mulai cemas. Bagaimana mengatasinya? Simak paparannya berikut ini.

BACA JUGA:

Sedotan Reusable Mewah Keluaran Dior

SM Entertainment Bikin Formasi Grup Baru dari EXO, SHINee, WayV, dan NCT

Pilihan Biji Kopi Indonesia yang Telah Mendunia

Dukung si kecil eksplorasi sendiri

Walau masih kecil, sebenarnya rasa percaya diri bisa tumbuh dari hal-hal sederhana. Misalnya dari memegang kendali saat makan (tidak disuapi), memilih baju sendiri, hingga eksplorasi sendiri saat bermain. Dengan begitu, ia akan berani mencoba segala sesuatu sendiri tanpa rasa takut berlebihan.

Ajak bertemu banyak orang

Biasanya, anak yang pemalu sering terjadi ketika ia tidak sering bertemu banyak orang baru. Karena itu, ajarkan mereka untuk bersosialisasi dengan mengajak bertemu banyak orang. Entah itu bertemu dengan teman-teman orangtuanya, atau playdate dengan anak seumurannya.

Biarkan dirinya mengatasi masalah

Saat eksplorasi seperti di taman bermain biarkan si kecil mencoba beragam hal. Dengan begitu, ia bisa tahu bagaimana menghadapi rintangan, kegagalan saat melakukan sesuatu, bahkan rasa berhasil saat sebuah masalah terpecahkan. Dari situ, ia belajar mengatasi masalah yang bisa membangun motivasi anak agar semakin percaya diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here