Tips Agar Si Kecil Senang Makan Sayur dan Buah

0
802
Makanan Anak. Itjeher.com

Anak kecil memang secara umum tidak senang mengonsumsi sayur-sayuran. Biasanya hal ini terjadi karena sayur memiliki cita rasa yang lebih sedikit dibandingkan jenis makanan lainnya. Padahal vitamin dan nutrisi yang ada di dalam sayur amat penting untuk pertumbuhan si kecil.

Selain itu sayur juga amat baik untuk sistem pencernaan tubuh, hingga perkembangan hormon. Bagaimana membuat anak senang mengonsumsi sayur-sayuran? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

BACA JUGA:

Merasa Lemas Saat Bangun Pagi? Lakukan Ini

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Lambung

Kenalkan secara perlahan

Untuk memperkenalkan sebuah bahan makanan, sebaiknya anak diberi sedikit demi sedikit hingga terbiasa. Begitu juga dengan sayur, ketika anak mulai masuk ke fase makan, berikan porsi sayuran mulai dari paling sedikit. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan rasa dari sayuran tersebut dan tidak menolaknya.

Jangan dipaksa

Jika si kecil tidak mau mencoba atau tidak menyukai rasa dari satu jenis sayuran, jangan dipaksa. Ini akan membuat trauma dan nantinya ia tidak mau lagi mencoba sayur tersebut. Jika ia menolak, coba beri alternatif sayur lain.

Mulai dari sang ibu

Sejak di kandungan, sebenarnya si kecil juga bisa mengenal rasa sayuran dari sang ibu. Saat meyusui juga si ibu bisa mengonsumsi sayur-sayuran yang membuat si kecil terbiasa dengan rasanya. Maka pada saat ia mulai makan sendiri, ia tidak akan asing dengan rasa sayur-sayuran tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here