Kenali Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang Jadi Dampak Kebakaran Hutan

0
453
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia menyebabkan berbagai dampak kesehatan, salah satunya yang paling serius adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Penyakit ini berupa virus yang menyerang hidung, pipa pernapasan dan paru-paru.

Dengan tingginya tingkat pencemaran udara yang disebabkan oleh kebakaran hutan, potensi penyebaran Infeksi Saluran Pernapasan Akut memang sangat tinggi. Hingga kini Huma Badan Nasional Penanggulangan Bencana bahkan mendata bahwa penyakit yang mematikan ini telah menjangkiti Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Begitu satu orang terjangkit penyakit ini, maka dibutuhkan perawatan dan pelayanan yang sesuai beserta langkah pencegahan agar penyakit tidak menular semakin luas. Seringkali penyebaran virus paling besar lewat udara, ketika pengidap batuk atau bersin.

BACA JUGA :

Menikmati Villa Bak Istana di Puri Joya Sukabumi

Operet Aku Anak Rusun Kembali Dengan “Selendang Arimbi”

Fe.z, Lini Busana Muslim Persembahan Fenita Arie 

Gejalanya biasanya dimulai dengan demam tinggi, hidung tersumbat, batuk sering bersin, paru-paru terasa terhambat, sesak napas, hingga terjadi diare. Ini merupakan respon tubuh terhadap racun yang dikeluarkan oleh virus.

Bahayanya, jika Infeksi Saluran Pernapasan Akut ini menjangkiti anak-anak, maka berpotensi untuk berlanjut pada pneumonia (radang paru-paru). Untuk itu, masyarakat yang tinggal di daerah sekitar kebakaran hutan sebaiknya menghindari penyakit ini dengan cara selalu konsumsi makanan bergizi, membatasi kegiatan di luar ruangan, dan menggunakan masker setiap akan keluar rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here