Mengatasi Anak yang Sedang Tantrum

0
771

Mengatasi si kecil yang sedang tantrum memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika kesabaran orangtua sedang tidak dalam kondisi stabil. Tak jarang ayah dan ibu akan lebih emosi menghadapi sikap anak seperti ini.

Banyak juga orangtua yang tidak tahu harus berbuat apa. Ada yang bilang orangtua harus bersikap tegas agar anak tertib, namun ada yang bilang harus diberi pendekatan yang lembut. Sebenarnya apa yang sebaiknya dilakukan orangtua?

BACA JUGA:

Jakarta Fashion Week 2020 Hadirkan Lagi Sejauh Mata Memandang

Mencari Kain Tapis Lampung di Negeri Katon

Cari tahu penyebabnya

Keinginan yang tidak terpenuhi, biasanya menjadi penyebab tantrum. Bisa jadi perasaan lapar atau bahkan mengantuk. Jika anak belum bisa bicara, orangtua harus mengenali reaksi anak berdasarkan keluhan yang ia rasakan.

Jangan ikut marah

Orangtua harus tetap tenang ketika anak tantrum. Jangan memarahi atau bahkan memaksa untuk diam. Lebih baik, bawa ke tempat yang tenang agar si kecil bisa meredakan emosi. Redakan emosi dengan memeluk dan mencium agar ia mendapatkan kenyamanan yang dibutuhkan.

Alihkan perhatian

Si kecil biasanya cukup mudah dialihkan perhatiannya dan tertarik dengan hal baru. Orangtua bisa memberikan anak mainan kesayangannya atau memberikan camilan kesukaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here